Kamis, 14 April 2016

TIPS MENGETAHUI KUALITAS PASIR YANG BAIK DAN BAGUS

TIPS MENGETAHUI KUALITAS PASIR YANG BAIK DAN BAGUS

Pengetahuan tentang pasir sangat kita perlukan sebelum memutuskan untuk membeli dan memakainya untuk membangun rumah maupun perumahan, pengetahuan ini sangat diperlukan karena jika sedikit saja kita salah memilih kualitas pasir, akan berakibat fatal pada hasil pembangunan rumah yang kita inginkan. Nah mari kita simak penjelasan berikut tentang bagaimana caranya mengetahui kualitas pasir yang baik dan benar:
sebenarnya ada sedikit cara atau trik mudah untuk mengetahui kualitas pasir yang baik maupun buruk yaitu dengan cara menggenggam sekeras-kerasnya dan kemudian dilepaskan, jika pasir yang jatuh tadu hasilnya menggumpal maka kualitas pasir sangatlah buruk karena banyak mengandung lumpur atau bisa juga bercampur tanah, yang kedua jika pasir yang digenggam tadi pecah atau bertebaran berarti kualitas pasir bisa dipastikan bagus.

Bagaimana mudah kan.....semoga bisa membantu.....


Sekarang ada sedikit tips / cara untuk mencegah anda membeli pasir dengan kualitas yang buruk, caranya cukup mudah yaitu bila hendak membeli pasir gunung dengan truk buatlah perjanjian dengan penjualnya,. misalnya:
  1. Pasir dalam harus keadaan basah saat tiba di lokasi pembangunan.
  2. Bila pasir dalam keadaan kering ada baiknya anda mengukur (P x L x T) volume pasir yang ada di bak truk.
  3. Lakukan pengecekan kadar lumpur secara sederhana dengan teknik mudah seperti yang sudah saya jelaskan di atas (dengan cara digenggam)
Bukankah kita harus berhati-hati dalam memilih kualitas pasir, karena nantinya akan bisa berakibat fatal pada beberapa aspek seperti berikut:
  1. Penggunaan semen nantinya akan semakin boros.
  2. Plesteran dengan dinding bata akan cepat terkelupas. (lemahnya ikatan antara plesteran dengan dinding bata).
  3. Air tanah bisa dengan mudahnya naik, hingga menyebabkan dinding menjadi lembab dan rapuh.
  4. Plesteran akan mudah menggelembung dan mudah jatuh, karena terlalu besarnya pori pori plesteran. 
  5. Kekuatan dinding berkurang dan tidak akan bisa bertahan lama.
  6. Jika kerusakan tersebut benar terjadi maka tanpa anda sadari, anda harus mengeluarkan biaya lagi lebih mahal lagi untuk menanggulangi hal tersebut.
Begitulah gunanya kita berbagi ilmu sebelum kita memutuskan untuk membeli pasir bangunan baik dari pasir gunung maupun dari pasir kali. Harga pasir sekarang juga sudah mulai mahal jadi harus berpikir ulang kembali.

Search:
cara memilih pasir yang baik dan bagus,ciri-ciri / tanda tanda pasir yang baik dan bagus, pasir yang bagus dan baik, tanda pasir yang bagus dan baik, ciri pasir yang baik dan bagus, cara memilih pasir yang bagus dan baik , pasir yang bagus, tandanya pasir yang bagus, pasir yang bagus, pasir yang bagus, baik dan sesuai, tips memilih pasir yang berkualitas, cara memilih pasir yang berkualitas.


sumber   :ilmusipil.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar