Kamis, 03 Januari 2019

Pasir di Kali Progo Mulai Menipis, Penambang Mulai Kesulitan

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Penambangan pasir dengan mesin penyedot di Sungai Progo, hingga kini masih marak terjadi meski izin belum dimiliki.
Meski begitu, permasalahan izin bukan satu-satunya kesulitan para penambang. Masifnya penyedotan kini juga membuat jumlah pasir di tengah sungai mulai sulit mereka dapatkan.
Ketua Kelompok Penambang Progo, Gandung, mengungkapkan sejumlah titik yang dulu banyak dimanfaatkan penambang untuk mengambil pasir dengan penyedot seperti Mangiran, Siyangan, dan Trimurti kini sudah tidak bisa lagi dimanfaatkan.

Hal itu karena pasir di tengah kali mulai habis sehingga penambang terpaksa beralih menambang secara manual.
“Karena pasir di kedalaman tengah habis baru kedalaman lima meter ada batu dan penyedot kita tidak bisa ambil,” ujarnya pada Minggu (18/10/2015).
Sepanjang aliran Kali Progo memang selama ini menjadi sumber penghidupan ribuan warga penambang disebabkan sedimen pasir yang terkandung di dalamnya.
Para penambang menurutnya sudah berupaya menjaga lingkungan dengan menolak adanya aktivitas penambangan di Kali Progo dengan menggunakan alat berat atau eskavator.
“Justru karena kita memakai mesin sedot bisa membantu pemerintah menormalisasi sungai,” tuturnya.
Menurutnya, dengan mulai sulitnya pasir di Kali Progo, jumlah mesin penyedot juga berkurang, jika dulu ada sekitar 300 mesin, sekarang menjadi hanya skitar 100 buah saja.
Penambang yang beralih ke penambangan manual menurutnya hanya menggunakan alat-alat sederhana seperti sekop dan beroperasi hanya di pinggir-pinggir sungai.
Berkurangnya pasir dan jumlah mesin otomatis mengurangi pasokan pasir yang mereka kirim, menurutnya jika menggunakan mesin penyedot, dalam satu jalur per hari bisa menghasilkan lima atau enam rit, tergantung persediaan pasir yang dimiliki, namun dengan peralatan manual hanya tiga atau empat rit.

Meski harus beralih ke manual menurutnya, para penambang tetap akan beroperasi untuk memnuhi kebutuhan hidup mereka.
“Kalau berhenti menyedot ya bagaimana, penambang-penambang bisa banyak yang menganggur,” katanya.


Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Pasir di Kali Progo Mulai Menipis, Penambang Mulai Kesulitan, http://jogja.tribunnews.com/2015/10/19/pasir-di-kali-progo-mulai-menipis-penambang-mulai-kesulitan.
Penulis: apr
Editor: ton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar